TOR BROWSER
                Tor Browser adalah perangkat gratis dan opensource yang membantu Anda mempertahankan terhadap suatu bentuk jaringan memata-matai yang mengancam kebebasan pribadi dan privasi, kegiatan bisnis rahasia dan hubungan, dan keamanan negara yang dikenal sebagai analisis lalu lintas.
                Tor Browser pada awalnya dirancang, dilaksanakan, dan disebarkan sebagai proyek "bawang" generasi ketiga routing dari US Naval Research Laboratory. Ini pada awalnya dikembangkan dengan Angkatan Laut AS, dengan tujuan utama untuk melindungi komunikasi pemerintah. Hari ini, adalah digunakan setiap hari untuk berbagai maksud oleh orang normal, militer, wartawan, aparat penegak hukum, aktivis, dan banyak lainnya.
Pengertian
                Tor Browser adalah sebuah jaringan terowongan virtual yang memungkinkan orang dan kelompok untuk meningkatkan privasi mereka dan keamanan di Internet. Hal ini juga memungkinkan pengembang software untuk menciptakan alat komunikasi baru dengan built-in fitur privasi. Tor menyediakan dasar untuk berbagai aplikasi yang memungkinkan organisasi dan individu untuk berbagi informasi melalui jaringan publik tanpa mengorbankan privasi mereka.
                Individu gunakan Tor Browser untuk menjaga website dari pelacakan mereka, dan anggota keluarga mereka, atau untuk menyambung ke situs berita, layanan pesan instan, atau seperti saat ini diblokir oleh penyedia lokal mereka internet.
                Wartawan gunakan Tor Browser  untuk berkomunikasi lebih aman dengan whistleblower dan pembangkang. Organisasi non-pemerintah (LSM) gunakan Tor untuk memungkinkan para pekerja mereka untuk terhubung ke situs Web rumah mereka sementara mereka berada di negara asing, tanpa memberitahu semua orang di dekatnya bahwa mereka bekerja dengan organisasi itu.
                Cara kerja Tor Browser ini adalah dengan merelay komunikasi secara enkripsi melalui jaringan sistem router onion di berbagai lokasi ke lokasi router onion lainnya menuju website yang dituju.
Keuntungan
·         menjaga data Anda di internet dan menjaga data transaksi seperti situs e-commerce yang rahasia.
·         melindungi user dari segala bentuk pengintaian aktivitas browsing.
·         Menjelajah dunia maya secara Anonymous meski tidak sepenuhnya.
·         Tersedia banyak IP Proxy yang bisa kita gunakan entah itu dari tipe transparent proxy, anonymous, dan elite.
·         Kalau dapat IP yang bagus, koneksi bisa lebih cepat.
·         Masih bisa membuka akun-akun kita di internet seperti facebook, google, twitter, dll. Kalaupun butuh otentikasi gak perlu seribet kalo kita pake Tor Browser

Kerugian
·         IP Free Proxy tidak selamanya memiliki koneksi cepat dan bisa lemot secara mendadak, bahkan ujung-ujungnya timeout.
·         Ribet harus ganti-ganti settingan IP Proxy di browser tiap kali koneksi jelek.
·         Tiap kali ingin ganti IP harus mencari IP dulu di situs-situs yang menyediakan Free Proxy, dan ini sedikit membuang waktu.
Pendapat

                Menurut saya Tor Browser sangat berguna untuk menjaga data-data penting pribadi atau data penting perusahaan, terlebih data transaksi. Sayang nya Tor Browser harus berganti-ganti IP Proxy dan terkadang kita harus mencari IP yang tersedia di Free Proxy yang tersedia.

Cara Instal TOR BROWSER Pada Ubuntu 12.10 Melalui Terminal

TOR Melindungi privasi pengguna. Membela diri terhadap pengawasan jaringan dan analisis lalu lintas.
Dengan menggunakan TOR kita bisa mengakses situs atau website yang terblokir dengan mudah dengan mengetikkan baris perintah yang sederhana. Untuk informasi lebih lanjut tentang tor anda bisa mengunjungi website resminya yaitu https://www.torproject.org/.

Disini saya menggunakan browser mozilla bawaan linux Ubuntu 12.10 serta menyertakan alamat download plugin buat browser mozilla. Karena tahap pertama sebelum aktivasi TOR pada browser kita harus aktivasi menggunakan terminal berikut perintahnya:
Cara menginstall TOR melalui terminal :
sudo apt-get install tor
Setelah sukses menginstal TOR. ketika mengakses situs https://check.torproject.org/ untuk melihat bahwa TOR masih belum aktif kalau plugin pada bworser belum terinstal.


Selanjutnya masukan perintah di terminal untuk mengetahui apa TOR sudah terinstal. Setelah muncul seperti perintah di bawah selanjutnya kita aktifkan plugin pada browser mozilla berikut linknya, TOR klik install from this website.
Setelah sukses coba buka link browser tadi dan apakah seperti pada gambar kalau sudah sukses terinstal.

Congratulations. Your browser is configured to use Tor.

Leave a Reply